mediakomen

Cara mengecilkan foto untuk di PDUM

Assalamualaikum sahabat BM, jika pada waktu sebelumnya kita sudah membahas tentang cara mengisi data peserta Ujian di PDUM dan cara unggah foto siswa di PDUM secara kolektif, sekarang kita akan membahas bagaimana cara mengecilkan foto siswa di aplikasi website pdum agar bisa diupload (unggah). Seperti sudah kita bahas sebelumnya bahwa file foto siswa yang akan diupload di pdum harus dikompres menjadi sebuah folder dalam bentuk ZIP. Dan, kita telah sebutkan aplikasi pengkompres yang sudah sangat terkenal tersebut adalah WinRAR, ada tiga jenis file yang bisa dihasilkan dari kompres aplikasi winrar ini yaitu format RAR atau ZIP. Pocket RAR. 

Pernah juga disinggung pada bahasan sebelumnya tentang aplikasi bawaan windows yang bisa kita gunakan untuk mengecilkan foto baik dalam jenis JPEG, PNG, BMP image, GIF, dan lain-lain. Ada banyak aplikasi yang bisa digunakan untuk mengecilkan file foto atau gambar, baik untuk di laptop (PC) ataupun di HP (Android), kita sebutkan saja microsoft paint, adobe photoshop, photolab, dan banyak lagi contoh yang lainnya. Tapi, untuk waktu yang mendesak ini admin merekomendasikan aplikasi Paint (Microsoft Paint), sebagai alat untuk mengecilkan dan mengedit foto atau gambar siswa peserta UAMBN 2019 ini.

Dikutip dari wikipedia bahwa Paint atau Microsoft Paint yang sebelumnya bernama Paintbrush adalah editor grafis raster sederhana yang telah disertakan dengan semua versi Microsoft Windows. Program ini membuka dan menyimpan file dalam format Windows bitmap (BMP), JPEG, GIF, PNG, dan satu halaman TIFF. Program dapat dalam mode warna atau dua warna hitam putih, tetapi tidak ada mode skala abu-abu. Untuk kesederhanaannya dan disertakan dengan Windows, ia dengan cepat menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam versi awal Windows, memperkenalkan banyak untuk melukis di komputer untuk pertama kalinya. Itu masih banyak digunakan untuk tugas manipulasi gambar sederhana. 

Aplikasi Microsoft Paint ini sangat tepat jika digunakan pada foto siswa yang berlatar belakang (background) polos seperti dinding berwarna merah atau biru, atau warna yang lainnya tanpa kita harus mengganti warna latarnya. Namun, jika untuk mengedit background aplikasi ini kurang pas. Mengapa saya katakan kurang pas? karena aplikasi ini tidak dilengkapi tools yang bisa untuk memotong foto, ataupun tools yang lain seperti pada adobe photoshop.

Sahabat, baiklah selanjutnya kita bahas cara mengecilkan dan memotong foto siswa untuk diupload (unggah) ke website PDUM. Cara mengecilkan dan memotong foto siswa di microsoft Paint sangatlah mudah, kita tidak perlu menggunakan banyak tools dan menu. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Pertama, bukalah foto siswa yang telah disimpan dilaptop dengan menggunakan Microsoft Paint, dengan cara mengklik kanan foto. 

Baca Juga cara unggah foto siswa di PDUM secara kolektif
Baca Juga Test CPNS 2019 di Muratara menggunakan KTP asli Muratara
 
Selanjutnya bila telah terbuka, foto siswa tersebut, kemudian pilih menu select, pilih select all dan selanjutnya pilih crop, seperti gambar berikut ini,




Jika sudah memilih crop letakkan cursor pada gambar dan tarik cursor dengan menggunakan touhcpad atau mouse dan tentukan ukuran potong yang akan diterapkan. Misalnya akan memotong foto dari kepala hingga ke dada. 




Setelah berhasil di crop, perkecil skala pixel foto dengan menggunakan menu resize yang ada pada microsoft paint. Pada ukuran foto asli 1500 Pixel, perkecil ukuran sekitar 150 hingga 250 pixel.




 Selanjutnya simpan foto dengan format JPEG atau PNG,

Bagi admin sendiri  dalam menyimpan foto siswa menggunakan format PNG. Kemudian, lakukan hal yang sama untuk setiap foto-foto siswa yang akan di edit. Jika selesai di edit lakukan pengkompresan dengan menggunakan WinRAR, dan masukkan ke dalam folder dan diformat menjadi format ZIP. 

Catatan :
Ketika akan diupload ke website pdum, admin mengalami kendala, bahwa file kompres berformat zip yang berisi foto-foto siswa tersebut tidak bisa diupload. Hal, ini terjadi karena file zip tersebut terlalu besar. Pikir saya, jika foto tersebut diperkecil lagi ukuran pixelnya, maka gambar akan pecah dan tidak bagus.  Akhirnya, solusi yang admin lakukan adalah membagi folder zip menjadi beberapa bagian. Jumlah siswa kelas 9 MTs Nurul Hidayah adalah 39 anak, di bagi menjadi 4 bagian folder ZIP. Jadi, jumlah isi folder foto tersebut adalah 10, 10, 10 dan 9, yang terdiri dari Folder 1, Folder 2, folder 3 dan folder 4.

Bagaimana cara mengupload file ZIP sebanyak itu?
Cara mengupload file ZIP tersebut, tidak boleh sekaligus arinya saat tambah baru foto, lakukan berurutan. 

Alhasil, penguploadan foto berhasil. Kalian bisa mencetak kartu Ujian siswa.
Labels: aplikasi, PDUM

Thanks for reading Cara mengecilkan foto untuk di PDUM . Please share...!

0 Comment for "Cara mengecilkan foto untuk di PDUM "

Back To Top