mediakomen

Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam berwudhu seperti ini

Assalamualaikum saudaraku yang di rhmati Allah ta’ala. Pada suatu riwayat yang terdapat Hadis riwayat Muslim Bukhari, Bahwa Humran pembantu Utsman menceritakan bahwa Utsman bin Affan radhiallahu ‘anhu pernah meminta air untuk berwudhu, kemudian dia ingin berwudhu. Beliau membasuh kedua telapak tangan tiga kali, kemudian tanggannya tiga kali, kemudian berkumur-kumur diiringi memasukkan air ke hidung, kemudian membasuh mukanya tiga kali, kemudian membasuh tangan kanannya sampai ke siku tiga kali, dilanjutkan tangan kiri seperti itu juga, kemudian mengusap kepala, kemudian membasuh kaki kanan sampai mata kaki tiga kali dilanjutkan dengan kaki kiri seperti itu juga. Kemudian Utsman berkata “ Aku melihat Rasulullah صلی الله عليه وسلم berwudhu seperti wudhuku ini, kemudian beliau bersabda, “Barangsiapa berwudhu seperti wudhuku ini kemudian dia shalat dua raka’at dengan Khusyu’, maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu” (HR. Bukhari-Muslim)
Di riwayat yang lain juga menceritakan bagaiamana cara Rasulullah صلی الله عليه وسلم.

Hadis riwayat Abdullah bin Zaid bin Ashim Al-Anshari رضي الله عنه: ia berkata: Dia pernah diminta berwudu seperti wudu Rasulullah صلی الله عليه وسلم, Lalu ia minta air sebejana, kemudian menuangkannya pada kedua tangannya dan membasuhnya tiga kali. Setelah itu ia masukkan tangannya lalu mengeluarkannya, berkumur dan menghirup air ke hidung dari satu telapak tangan. Ia mengerjakannya tiga kali. Sesudah itu ia memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya, kemudian membasuh wajahnya tiga kali. Setelah itu memasukkan tangannya lalu mengeluarkannya, kemudian membasuh kedua tangannya sampai siku masing-masing dua kali. Lalu memasukkan tangan lalu mengeluarkannya, kemudian mengusap kepala. Ia mengusapkan kedua tangannya ke depan lalu ke belakang. Setelah itu membasuh kedua kakinya sampai mata kaki, dan berkata: Demikianlah wudu Rasulullah صلی الله عليه وسلم.

Ibnu Syihab mengatakan bahwa ulama kita mengatakan bahwa wudhu seperti ini adalah contoh wudhu yang paling sempurna yang dilkukan seorang hamba untuk sholat.


Sumber : Bukhari-Muslim
Labels: Kutipan Hadis

Thanks for reading Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam berwudhu seperti ini. Please share...!

0 Comment for "Aku melihat Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wassalam berwudhu seperti ini"

Back To Top