mediakomen

Seputar Vervalpd dan NISN

Sahabat BM, berikut adalah seputar pertanyaan mengenai VervalPD dan NISN. Dengan di rilisnya vervalpd dengan tampilan baru dan sistem kerja yang baru sudah tentu banyak hal-hal membuat kita menjadi bingung. Untuk itu BM akan membagikan rangkuman mengenai beberapa masalah yang mungkin menjadi pertanyaan sahabat.

Nah, baiklah kita mulai dari pertanyaannya. Bersumber dari kiriman yang beredar di whatsapp grup operator Madrasah yang ada di kabupaten Musi Rawas Utara, inilah pertanyaa-pertanyaan tersebut:

Apakah akun yang digunakan untuk login ke vervalpd NISN?
Apakah yang harus dilakukan jika akun di SDM sudah terdaftar lama tapi tidak bisa login?
  • Jika akun di SDM sudah terdaftar lama, namun tidak bisa untuk login, silahkan lakukan Reset pasword dengan cara masuk ke halaman SDM lalu klik lupa pasword dan ikuti alur selanjutnya maka setelah di reset gunakan pasword yang baru tersebut.
  • Perbedaan diantara kedua link tersebut adalah  jika link 1 dikhususkan untuk melakukan perubahan jika ada kesalahan sedangkan  link 2 itu hanya bisa melihat - lihat tanpa bisa melakukan perubahan.
Mengapa untuk jenjang MTs dan MA data yang masuk ke vervalpd (NISN) tidak sesuai dengan data di EMIS?
  • Karena sebagian data belum terproses jadi silahkan ditunggu dan juga bisa jadi data siswa belum lengkap dan segera lengkapi.
Mengapa di akun vervalpd jenjang MI masih kosong isinya?

Karena untuk jenjang MI belum di proses yakni mendahulukan jenjang / tingkat MTs dan MA yang diburu pendataan Ujian.

Mengapa akun yang baru mendaftar belum bisa login padahal status akun sudah aktif?
  • Karena akun yang baru terdaftar masih dalam proses dan websitenya juga belum stabil, jadi cukup menunggu dulu nanti pasti bisa login
Mengapa tanggal lahir siswa di vervalpd (NISN) untuk tingkat MTs ada yang memiliki tahun 1900 dan apakah perlu di edit jika seperti itu?
  • Karena masih dalam proses nanti akan berubah sendiri, tidak perlu di edit yang penting tanggal lahir di EMIS sudah sesuai nanti akan mengikuti.

Apakah siswa yang belum punya NISN bisa dapat NISN di vervalpd (NISN)?
  • Bisa, asal di EMIS kolom NISN di kosongi dan data yang lain di lengkapi.
Bagaimana jika dikolom NISN di vervalpd berwarna kuning atau tidak belum muncul NISN?
  • Jika di kolom NISN  divervalPD berwarna kuning dan belum muncul NISN, maka yang harus kita lakukan adalah bersabar saja, yang terpenting kita sudah mengikuti prosedur yang ada yakni sudah melakukan update data di EMIS.
Apakah kita bisa mengambil/claim NISN siswa yang sesuai dengan ijazah?
  • Kita bisa mengambil/claim NISN siswa yang sesuai dengan ijazahBisa selama NISN yang tercantum di ijazah belum di miliki orang lain?

Bagaimana caranya claim NISN yang tertera di ijazah?
  • Masuk akun vervalpd kemudian masuk menu edit NISN dan ikuti petunjuk selanjutnya dan jangan lupa lampirkan file ijazah atau Screnshoot NISN
Kenapa NISN di vervalpd setelah di cek tidak terdaftar padahal NISN baru dengan awalan angka 3 dan bagaimana mengatasinya?
  • Bisa jadi karena tidak sempurna tergenerate dan cara mengatasinya bisa masuk ke link https://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data dan lakukan pencarian berdasarkan nama dan jika belum muncul maka cek besoknya dan besoknya lagi karena kasus ini sama dengan yang admin alami tapi setelah satu minggu akhirnya muncul juga dengan NISN yang berbeda.
Selain dari beberapa pertanyaan yang dirangkum di atas, tugas kita adalah memantau dan selalu melakukan pengecekan. Seandainya ditemukan NISN yang sudah valid artinya NISN yang tercantum dengan profil yang sudah sesuai dengan dokumen seperti ijazah atau akta maka bisa kita update ke EMIS jika sebelumnya kolom NISN dikosongi atau NISN yang tercantum di emis bukan milik siswa bersangkutan.

Semoga bermanfaat
Labels: Berita, VervalPD

Thanks for reading Seputar Vervalpd dan NISN. Please share...!

0 Comment for "Seputar Vervalpd dan NISN"

Back To Top