mediakomen

Cara Ajukan NISN kelas akhir madrasah, bagi siswa yang belum punya NISN atau NISNnya bermasalah

 Bismillah, alhamdulillah assholatuwassalamu'ala rosulillah.  Sahabat Bookmymadrasah Semoga kita senantiasa dalam lindungan dan pertolongan Allah Subhanahu wata'ala.

Sahabat, kali ini saya ingin berbagi tentang cara mengusulkan NISN baru bagi siswa madrasah kelas akhir yang saat ini datanya harus segera divalidasi di aplikasi PDUM. NISN siswa kelas akhir yang tidak muncul ini kemungkinan besar sudah di klaim oleh pengguna lain, yang sebelumnya berstatus ganda. Nah, sekarang kita tidak perlu lagi menggunakan NISN tersebut jika sudah tidak ada lagi. Yang harus kita lakukan saat ini adalah mengusulkan NISN baru melalui aplikasi Vervalpd kemenag. 



Untuk mengusulkan NISN baru ini syarat terpenting adalah melengkapi data siswa tersebut baik di verval pd maupun di emis agar data dari kedua aplikasi tersebut dapat sinkron.


Ingat waktu kita mengusulkan NISN ini data NIK siswa, Nama Siswa, Tempat dan tanggal lahir siswa serta nama Ibu harus sesuai dengan data yang bersal dari dukcapil. Jika data tersebut tidak sesuai dengan dukcapil, padahal di kartu keluarga sudah benar penulisannya, maka hal yang harus dilakukan adalah meminta bantuan dan konfirmasi pihak dukcapil.

Sahabat, sebelum mengajukan NISN, kita pastikan dulu seluruh data siswa yang bersangkutan sudah divalidasi. 

Caranya klik menu edit identitas Cek Dukcapil Pusat, kemudian isi kolom disebelah yang berwarna putih dengan data yang sesuai di KK, setelah diisi klik menu validasi.


Jika data siswa sudah selesai divalidasi di vervalpd selanjutnya buka atau klik menu penerbitan NISN tingkat lanjut yang berada di dasbor vervalpd. adapun Kriteria dan persyaratan :

  1. Peserta didik yang belum pernah punya NISN (termasuk dalam kategori data Residu NISN kosong);
  2. NISN yang pernah dimiliki/tertulis di ijazah tidak valid:
       - NISN yang tertulis di ijazah bukan milik yang bersangkutan;
       - NISN yang tertulis di ijazah tidak tercatat di Arsip Kementerian;
       - NISN tidak tercantum di ijazah;
  3. Data identitas wajib valid Dukcapil pusat;
  4. Ijazah asli dari jenjang pendidikan sebelumnya wajib diunggah; dan
  5. Membutuhkan persetujuan (approval) pusat.

 

Klik Pilih siswa, selanjutnya isi kolom berikut yang tampil di laman tersebut. Silahkan scroll ke bawah!


Yang perlu diisi yaitu NISN yang tercantum di Ijazah sekolah sebelumnya, Nama Kabupaten, Kecamatan, nama sekolah sebelumnya, tahun lulus, dan tingkat pendidikan akhir ijazah.


kemudian Klik Ajukan.

data tersebut sudah kita ajukan, sekarang tinggal menunggu proses. 


 



 

Labels: emis, PDUM, tidak ada NISN, VervalPD

Thanks for reading Cara Ajukan NISN kelas akhir madrasah, bagi siswa yang belum punya NISN atau NISNnya bermasalah. Please share...!

0 Comment for "Cara Ajukan NISN kelas akhir madrasah, bagi siswa yang belum punya NISN atau NISNnya bermasalah"

Back To Top