mediakomen

Bangun dari sujud

Setelah sujud pertama dimana dalam setiap raka'at ada dua sujud kemudian bangun untuk melakukan duduk antara dua sujud. Dalam bangun dari sujud ini disertai dengan takbir dan (boleh) kadang mengangkat tangan. (HR. Ahmad dan Al-Hakim). “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bangkit dari sujudnya seraya bertakbir.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

Duduk Antara Dua Sujud:
Duduk ini dilakukan antara sujud yang pertama dan sujud yang kedua, pada raka'at pertama sampai terakhir. Ada dua macam tipe duduk antara dua sujud, yaitu (1) duduk iftirasy (duduk dengan meletakkan pantat pada telapak kaki kiri dan kaki kanan ditegakkan) dan (2) duduk iq'ak (duduk dengan menegakkan kedua telapak kaki dan duduk di atas tumit). Hal ini berdasar hadits dari ‘Aisyah berkata, “Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menghamparkan kaki beliau yang kiri dan menegakkan kaki yang kanan dan beliau melarang dari duduknya setan.” (HR. Muslim) 

“Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam terkadang duduk iq'ak.” (HR. Muslim)

Saat duduk antara dua sujud ini diharuskan telapak kaki kanan ditegakkan dan jarinya di arahkan ke kiblat. Hal ini berdasarkan hadits, “Beliau menegakkan (telapak) kaki kanannya.” (HR. Al-Bukhari) dan hadits, “Beliau menghadapkan jari-jemari (kaki)nya ke kiblat.” (HR. An-Nasai).

Image by Yufidtv
Pembahasan ini banyak mengacu ke kitab Shifat Shalah Nabi karya Syaikh Al-Albani Rahimahullah. Allahu a’lam.

Demikian semoga bermanfaat...
Labels: Kutipan Hadis

Thanks for reading Bangun dari sujud. Please share...!

0 Comment for "Bangun dari sujud"

Back To Top