mediakomen

Begini cara mengisi data peserta Ujian di PDUM

Assalamualaikum sahabat, kali ini admin ingin berbagi cara mengisi data siswa di website pdum (UAMBN) 2019. Mengisi data siswa peserta PDUM di website PDUM bisa dengan mebisi data siswa satu persatu dan juga bisa dengan rekapitulasi data excel yang dapat diunduh di website PDUM. Pengisian data siswa calon peserta UAMBN di website ini bersifat segera, dan biasanya ada tenggat batas waktu yang telah ditentukan. Maka dari itu, kita harus menyiapkan data siswa tersebut dan mengisinya ke dalam PDUM. Nah, sahabat beginilah tampilan dashboard website PDUM 2019.


Silahkan kalian baca dan periksa terlebih dahulu data madrasah, mungkin ada yang salah atau ada yang berubah. Jika ada yang salah dan berubah mari kita perbaiki dahulu data tersebut.


Berikut tampilan kolom pengisian data madrasah. Silahkan kunjungi pada link ini : http://pdum.argocipta.com/

Perhatikan Status madrasah, NPSN, NSM, Nama madrasah, jenjang, kepemilikan, alamat madrasah, Provinsi, kabupaten, kecamatan, kelurahan, kodepos, website (jika ada), gambar logo, 


kemudian,  perhatikan juga zona waktu daerah apakah WIB, WIT, atau WITA. status pelaksana apa mandiri atau pelaksana, menumpang dan bergabung, Data kepala Madrasah, Nama Proktor, username (tidak bisa diubah atau diklik), ganti pasword, No. HP, email dan status keaktifan. Jika di antara poin-poin di atas ada yang keliru perbaiki segera.


Jika data madrasah tidak ada yang keliru/salah selanjutnya kita akan mengisi data siswa peserta UAMBN 2019. Berikut tampilan laman pengisian data siswa yang diakses secara individu.

 



Isilah kolom-kolom di atas sesuai dengan data siswa kelas akhir peserta UAMBN 2019.


Isi NISN, NIS, Nama siswa, agama, jenis kelamin, tempat lahir, nama orang tua, rombel, upload foto, pilih metode UAMBN apakah Berbasis Komputer (BK) atau tidak, sesi, nomor urut (1,2,3 dan seterusnya), server (disi dengan angka), membuat pasword, kemudian simpan.

Jika, kita akan mengisi perindividu mungkin akan memakan waktu yang agak lama, maka berikut ini adalah cara dengan mengupload form ecxel sesuai format yang kita unduh di web PDUM.  







Jika isian form tersebut selesai diisi silahkan menunggahnya ke laman berikut,





Upload pada bagian seperti gambar berikut, pada tulisan Browse


Jika selesai maka akan ada tulisan bahwa upload data berhasil.


Bagaimana format penulisan yang harus diisi di form xlsx?


NOMOR URUT
Nomor urut siswa diisi dengan angka 1, 2, 3,… dan seterusnya tanpa ditambah dengan angka 0 di depannya, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain). Nomor urut tersebut harus berbeda dan tidak boleh sama..

NSM
Isilah Nomor Statistik Madrasah (NSM) yang terbaru dengan  benar (tanpa spasi,  dan karakter lain), gunakan tanda petik 2 kali di awal nomor.

NISN
Jika mempunyai NISN diisi NISN (pastikan benar/valid, tanpa spasi dan karakter lain), gunakan tanda petik 2 kali di awal nomor.


NAMA
Isilah dengan menggunakan huruf Huruf Besar semua. Contoh : AHMAD ZAKI (pastikan benar, tanpa spasi diawal,tanpa tanda petik (‘) diawal dan karakter lain)

ROMBEL
Ditulis Nama Identitas Rombel sesuai nama Rombel Madrasah masing - masing maksimal 10 karakter terbaca di Aplikasi (pastikan benar, tanpa spasi diawal, tanda petik dan karakter lain

JENIS KELAMIN
Ditulis L / P (pastikan benar, tanpa spasi, tanda petik dan karakter lain

TEMPAT LAHIR
Diisi dengan huruf besar/huruf kapital di awal dan kecil setelahnya, contoh : Semarang (pastikan benar, tanpa spasi diawal, tanda petik dan karakter lain)

TANGGAL LAHIR
Diisi tanggal lahir dengan format YYYY-MM-DD. Contoh : 7 Oktober 2005 maka ditulis 2005-10-07 (pastikan diexcel yang tampil/output terakhir sesuai format tersebut, bukan 2005/10/07, bukan 07/10/2005…dst, pastikan benar, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain)

NISM
Diisi NIS Emis siswa sebanyak 18 digit, gunakan tanda petik 2 kali seblum nomor. 
Baca Juga Cara membuat Nomor NISM siswa madrasah yang benar
AGAMA
Ditulis Islam atau silahkan klik button segitiga disebelahnya dan pilih agamanya.

NAMA ORANG TUA/WALI
Isikan dengan huruf besar/huruf kapital di awal dan kecil setelahnya, contoh : Arief Suyono (pastikan benar, tanpa spasi di awal, tanpa tanda petik diawal dan karakter lain)

SESI
Isikan dengan sesi siswa disesuaikan pada masing-masing server melekat pada pelaksanaan UAMBN-BK sampai ujian berakhir. Ditulis dengan angka 1, 2, 3 maksimal 4. (tanpa angka 0 di depan, tanpa spasi, tanda petik dan karakter lain)

SERVER
Isikan dengan ruang server siswa pada saat nanti pelaksanaan ujian sesuai dengan kenyataan yang ada ketersediaan server UAMBNBK pada waktu pelaksanaan hingga pelaksanaan ujian berakhir. Ditulis dengan angka 1, 2, 3, 4, … dst (tanpa angka 0 di depan, tanpa spasi, tanda petik dan karakter lain)
JURUSAN
Untuk jenjang MTs  dikosongi saja (tidak perlu diisi huruf/angka/karakter apapun)
Untuk jenjang MA isikan sesuai program/peminatan siswa antara lain ditulis :
IPA (Huruf besar semua, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain)
IPS (Huruf besar semua, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain)
BAHASA (Huruf besar semua, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain)
KEAGAMAAN (Huruf besar semua, tanpa spasi, tanda petik (‘) dan karakter lain
Sekian, semoga bermanfaat.
Labels: PDUM

Thanks for reading Begini cara mengisi data peserta Ujian di PDUM. Please share...!

0 Comment for "Begini cara mengisi data peserta Ujian di PDUM"

Back To Top