mediakomen

Cara menarik siswa yang belum masuk ke capesun di e-manja 2020

Assalamualaikum sahabatku sekalian, saat ini kita sebagai operator madrasah sedang disibukkan dengan pengisian data siswa akhir calon peserta Ujian Nasional. Sudah tentu hal ini sangat menyita ketelitian kita, agar data siswa tersebut benar-benar valid dan sesuai dengan data di akte kelahiran dan ijazah pendidikan sebelumnya.

Nah sahabat, kali ini kita akan membahas cara menarik siswa yang belum masuk ke calon pesrta UN atau CAPESUN. Hal ini kemungkinan siswa tersebut terentry ke rombel lain, maka saat kita mencarinya di rombel akhir tidak ditemukan. 

Pertama silahkan sahabat kunjungi situs e-manja di link http://emispendis.kemenag.go.id/e-manja/pdun/emis, selanjutnya pilih menu SINKRON DATA EMIS, baca petunjuk yang ada di laman tersebut, 


Pada petunjuk yang disampaikan di website tersebut yaitu,
Prosedur Penarikan Data Siswa Kelas Akhir (6 MI, 9 MTs & 12 MA) :
  1. Masukkan nama siswa (minimal 3 karakter)
  2. Pilih kelas
  3. Klik tombol Cek Data
  4. Klik tombol Aksi untuk memasukkan siswa sebagai siswa kelas akhir
Prosedur Penambahan Data Siswa Yang Belum Masuk Dalam Database EMIS:
  1. Kewenangan untuk menambahkan data siswa yang belum masuk dalam database EMIS ada pada pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi.
  2. Penambahan siswa dapat dilakukan melalui EMIS Monitor (emispendis.kemenag.go.id/e-monitor).
  3. Penambahan siswa harus melalui pengecekan rekam jejak siswa yang menjadi tanggung jawab pengelola data Kemenag Kabupaten/Kota atau Kanwil Kemenag Provinsi yang akan menambahkan data.
  4. Siswa yang sudah ditambahkan tidak secara otomatis langsung masuk ke database EMIS tetapi menunggu persetujuan sistem karena harus dilakukan pengecekan terlebih dahulu terhadap data referensi EMIS.
  5. Proses persetujuan akan dilakukan dalam waktu minimal 1x24 jam.
 Caranya perhatikan poin berikut ini,

Ketik nama siswa yang dimaksud, kemudian PILIH KELAS selanjutnya Klik CEK DATA, jika sudah muncul klik menu AKSI. Jika sudah muncul menu seperti gambar berikut, pilih klik YA, MASUKAN.

 kemudian klik ok,



Jika sudah selesai, REFRESH website E-MANJA, dan periksa di menu capesun apakah siswa yang ditarik tersebut sudah masuk ke capesun. 

Nah, demikianlah cara menarik siswa yang belum masuk ke capesun, ke capesun.

Semoga bermanfaat



Labels: aplikasi, Download, e-manja, emis

Thanks for reading Cara menarik siswa yang belum masuk ke capesun di e-manja 2020. Please share...!

0 Comment for "Cara menarik siswa yang belum masuk ke capesun di e-manja 2020"

Back To Top