mediakomen

Contoh Format SK Pustakawan sekolah

Sahabat Bookmaymadrasah, pengertian Pustakawan menurut wikipedia.org Orang yang bertugas membantu orang menemukan buku, majalah, dan informasi lain. Pada tahun 2000-an, pustakawan juga mulai membantu orang menemukan informasi menggunakan komputer, basis data elektronik, dan peralatan pencarian di internet. Berdasarkan Undang-undang Nomor 43 Tahun 2007 tentang Perpustakaan, pustakawan adalah seseorang yang memiliki kompetensi yang diperoleh melalui pendidikan dan/atau pelatihan kepustakawanan serta mempunyai tugas dan tanggung jawab untuk melaksanakan pengelolaan dan pelayanan perpustakaan.


Dilansir dari situs Pustakawanjogja bahwa Pustakawan sekolah adalah orang yang bertugas mengelola dan menjalankan fungsi perpustakaan sekolah sesuai aspek dan kaidah yang berlaku. Perpustakaan sekolah merupakan tempat rekreasi ilmiah dan sumber belajar yang berada pada lembaga pendidikan formal maupun non formal di lingkungan pendidikan dasar dan menengah, yang merupakan bagian integral dari kegiatan sekolah untuk mendukung tercapainya tujuan pendidikan mencerdaskan anak bangsa.  


Dalam menjalankan fungsinya perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar diperlukan pustakawan yang professional di bidangnya. Pustakawan sekolah adalah orang yang bekerja di perpustakaan yang telah memenuhi kualifikasi dan kompetensi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2008. Namun, pada saat ini tenaga Pustakawan Sekolah khususnya di Sekolah Dasar masih sangat minim sekali yang sudah kualifikasi S1 Pustakawan. Maka dari itu, ada sekolah-sekolah yang mengambil kebijakan dengan mengangkat tenaga pustakawan secara individu. Di Kabupaten Musi Rawas Utara, Alhamdulillah tenaga Pustakawan sudah di berikan SK Dinas Pendidikan, sehingga gaji mereka pun digaji oleh Pemerintah melalui Dinas Pendidikan. Pustakawan disana diangkat menjadi Pegawai TKS, semenjak tahun 2014 yang lalu.

Nah, bagi sekolah yang akan mengangkat tenaga Pustakawan disini akan kami bagikan contoh SK Puskatawan Sekolah.


Labels: Download

Thanks for reading Contoh Format SK Pustakawan sekolah. Please share...!

0 Comment for "Contoh Format SK Pustakawan sekolah"

Back To Top