mediakomen

Cara unggah foto siswa di PDUM secara kolektif

Sahabat BM, Setelah kita menggunggah data siswa di pdum dengan menggunakan format excel (xlxs), Sekarang kita mengunggah pula foto-foto siswa sebagai pelengkap identitas siswa calon peserta UAMBN BK atau BP  tahun 2019. Adapun format harus diunggah adalah format .zip . Satu folder berisi kumpulan photo siswa di zip menjadi satu. Nama file zip dan folder di dalam zip tidak boleh menggunakan spasi. Penamaan nama file photo siswa adalah berdasarkan nomor urut dari data siswa.

Bagaimana cara membuat format ZIP!

Cara membuat file foto yang berupa JPG, atau PNG menjadi File ZIP adalah dengan mendownload aplikasi WinRAR.  Seperti Sebagaimana dikutip dari situs wikipedia bahwa WinRAR adalah sebuah perangkat lunak shareware pengarsipan dan kompresi yang dibuat oleh Eugene Roshal. WinRAR dapat mengarsipkan berkas-berkas menjadi format RAR atau ZIP. Pocket RAR, sebuah versi untuk Pocket PC, tersedia secara freeware. WinRAR dapat mengkompresi/memadatkan berkas hingga 40% dari ukuran semula, misalnya berkas A berukuran 100 MB lalu dikompresi menggunakan WinRAR ukurannya dapat menjadi hanya 40 MB, sehingga lebih menghemat space dalam drive anda. Masih dikutip dari wikipedia bahwa ZIP adalah standar kompresi data (pemampatan data) (EN: data compression) yang paling populer, diciptakan oleh Phil Katz. Dengan pemampatan data, ukuran data akan lebih kecil sehingga penggunaan media penyimpanan atau transfer data apa pun akan menjadi lebih efisien. Berkas-berkas ZIP dapat diawamampatkan (EN: decompress) dengan berbagai macam program perangkat lunak bebas (EN: free software) seperti 7-ZIP atau Info-ZIP, perangkat lunak gratis (EN: freeware) maupun perangkat lunak kongsi (EN: shareware), seperti Winzip atau Winrar. Winzip juga mampu melakukan proses pemampatan dengan standar ZIP.

Dimana saya bisa mendapatkan WinRAR?
Biasanya, pada laptop yang kita gunakan saat pembelian pertama kali aplikasi ini sudah diinstal oleh penjual. Namun, jika di laptop kalian belum memiliki aplikasi WinRAR silahkan download terlebih dahulu disini.
Kemudian jalankan instalasi aplikasi WinRAR ini dilaptop kalian.


Jika Aplikasi WinRAR sudah kalian instal, selanjutnya siapkan foto-foto siswa yang telah kalian edit ukurannya. Karena file foto yang terlalu besar tidak akan bisa untuk diunggah. Kalian bisa menggunakan aplikasi PAINT yang ada di windows bawaan laptop kalian. Kalian dapat memotong foto dan mengubah resize (kapasitas foto) tersebut agar menjadi kecil.

Cara-cara menyimpan file foto ke dalam file zip:
1. Blok semua foto yang sudah diedit dan diberi nomor sesuai urutan yang sesuai dengan absen siswa.

2. Saat sedang di blok, klik kanan mouse atau touchpad pada laptop, kemudian pilih Add to archive,


3.Pilih ZIP pada bagian berikut ini,

4.Tunggu sampai proses pengkompresan selesai,


5. Inilah hasil kompres file foto siswa ke zip 

Sekilas tentang "Aplikasi Paint"

Sebagai informasi, Jika pada tampilan windows (layar monitor) laptop tidak ada shortcut (icon) gambar Aplikasi Paint kalian bisa melakukan hal berikut ini. Cari Menu Search (Pencarian) pada layar windows. Biasanya ada di bagian kiri bawa. Jika tidak juga ketemu klik gambar jendela. Kemudian Ketik kata Paint seperti gambar berikut ini.

Jika tampilan seperti gambar pencarian paint di atas artinya laptop kalian sudah dilengkapi aplikasi ini.


Nah, sahabat kita lanjutkan kembali pembahasan mengenai cara menggunggah foto di  pdum.

Setelah, foto-foto seluruh siswa kelas akhir diperbaiki alias diedit, kemudian simpan ke dalam folder (Biasanya saat pengkompresan ke file zip langsung menyimpan ke dalam folder).

Buka, di browser kalian website  pdum.
Baca juga Begini cara mengisi data peserta Ujian di PDUM
Baca Juga Apa yang perlu diisi di PDUM, UASBM?  

Jika sudah masuk akses pdum,  selanjutnya pilih tombol menu Peserta UAMBN,
dan kemudian pilih dan klik  menu  Upload Foto,
Pilih dan klik Menu Tambah Baru,
Tunggu beberapa saat selama proses upload file zip berlangsung, hingga muncul tampilan seperti ini,

Jika sudah berhasil, kalian bisa mengeceknya pada akun salah satu siswa peserta UAMBN, atau semua siswa apakah foto yang sesuai dengan nama dan posisi urutan siswa yang ada di file ecxel pdum.Jika belum pas, kalian juga masih bisa menggantikan foto yang lain dengan cara menghapus file foto yang salah.

Kemudian unggah ulang.

Inilah hasil dari unggah foto siswa peserta UAMBN di website PDUM.

Semoga artikel ini bermanfaat.
Labels: aplikasi, PDUM

Thanks for reading Cara unggah foto siswa di PDUM secara kolektif. Please share...!

0 Comment for "Cara unggah foto siswa di PDUM secara kolektif"

Back To Top