mediakomen

Pahala dari Segelas Air


Assalamualaikum sahabat para pembaca Bookmay Madrasah, manusia dapat dibedakan derajatnya dengan satu gelas air. Orang yang punya ilmu dia akan mengambil gelas dengan tangan kanannya, maka dia mendapatkan satu pahala, karena nabi Muhammad Shallallahu'alaihiwasallam mengatakan "Makanlah dengan tangan kanan (HR.Muslim).
Dan ketika akan menegukkannya dia akan mengatakan "Bismillah" maka dia mendapatkan dua pahala, karena Nabi Shallallahu'alaihiwasallam berkata "Ucapkan Bismillah" (HR. Muslim). Ketika dia meminumnya dia tidak meniupnya walaupun panas, maka dia akan mendapat tiga pahala, karena Nabi Shallallahu'alaihiwasallam mengatakan "dan Janganlah engkau bernafas di bejana" (HR. Muslim).

Kemudian apa?
Disunnahkan menegukkannya tiga kali, walaupun boleh satu kali tetapi adabnya tiga kali. Maka dia akan mendapatkan empat pahala, karena nabi Shallallahu'alaihiwasallam mengatakan "Apabila beliau meneguk air dari gelas maka beliau bernafas tiga kali (HR.Muslim). Dan apabila dia telah meminumnya mengatakan "Alhamdulillah", maka mendapat lima pahala.
sebagian orang minum dengan tangan kirinya, tidak ada bismillah-nya tidak ada apa-apanya, maka tidak ada derajat dengan satu gelas air. Namun, orang yang berilmu berkumpul beberapa derajat dengan satu gelas air

Nah, sahabatku begitu mudahnya meraih pahala dari sebuah amalan, hanya dengan segelas air minum kita sudah melakukan sebuah sunnah Nabi Shallallahu'alaihiwasallam, dan itu sudah pasti insya Allah mendapatkan pahala dari Allah Subhanahu Wata'ala. Sahabat, jangan  pernah meremehkan sekecil apapun sunnah, karena kita tidak tahu dari pintu mana kita akan dimasukkan Allah ke surganya yang begitu Mulia.


Sumber : Ustadz Dr. Abdullah Roy, MA
Labels: Kutipan Hadis

Thanks for reading Pahala dari Segelas Air. Please share...!

0 Comment for "Pahala dari Segelas Air"

Back To Top