mediakomen

Sejelek-jeleknya manusia

Rasulullah shallallaahu'alaihi wa sallam bersabda,

إِِنَّ مِنْ شِرَارِ النَّاسِ مَنْ تُدْرِكُهُ السَّاعَةُ وَهُمْ أَحْيَاءٌ وَمَنْ يَتَّخِذُ الْقُبُورَ مَسَاجِدَ

"Sesungguhnya diantara sejelek-jeleknya manusia adalah orang-orang yang merasakan dahsyatnya hari kiamat dan orang-orang yang menjadikan kuburan  sebagai tempat ibadah." [HR. Ahmad dari Ibnu Mas'ud radhiyallaahu'anhu, Tahdzirus Sajid: 12]

*PENJELASAN:*
1. Orang yang masih hidup ketika terjadi hari kiamat adalah orang musyrik dan kafir, yaitu semua orang yang menyembah kepada selain Allah 'azza wa jalla atau tidak mengikuti agama Allah 'azza wa jalla.

2. Orang-orang kafir adalah seburuk-buruk makhluk, sebagaimana juga firman Allah ta'ala, "...mereka adalah seburuk-buruk makhluk." [Al-Bayyinah: 6]

3. Termasuk seburuk-buruk makhluk adalah orang-orang yang menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah, karena dua sebab:

Pertama: Mereka melakukan dosa terbesar, yaitu dosa syirik menyembah penghuni kubur dengan cara berdoa kepadanya, atau menyembelih untuknya, atau bertawakkal kepadanya, atau mencari berkah darinya dan kuburannya, dan lain-lain.

Kedua: Mereka masih menyembah Allah tapi menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah, mereka termasuk seburuk-buruk makhluk, karena perbuatan mereka mengantarkan kepada penyembahan terhadap penghuni kuburan tersebut dan menyesatkan manusia.

4. Makna menjadikan kuburan sebagai tempat ibadah mencakup tiga makna:
Pertama: Membangun masjid di kuburan.
Kedua: Mengubur di masjid.
Ketiga: Beribadah di kuburan walau tanpa ada bangunan masjid.

5. Hadits yang mulia ini juga mengandung larangan berbuat syirik dan kufur, dan larangan semua perbuatan dan ucapan yang mengantarkan kepadanya.


#Video_Pendek On YouTube: https://youtu.be/rLiwoQg7VFA

Labels: Kutipan Hadis, Nasehat

Thanks for reading Sejelek-jeleknya manusia. Please share...!

0 Comment for "Sejelek-jeleknya manusia"

Back To Top