mediakomen

Survei Kondisi Psikologis Guru pada Masa Pandemi

Assalamualaikum sahabat bookmaymadrasah,  tim peneliti dari Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Balitbang dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, di awal semenster ganjil tahun pelajaran 2020/2021 ini, sedang melakukan penelitian tentang Kondisi Psikologis Guru pada Masa Pandemi Covid-19. Apabila Bapak/Ibu adalah seorang guru (PAUD/TK, SD/MI, SMP/Mts sederajat, SMA/MA sederajat, SMK/MAK sederajat) di Indonesia, di mohon kesediaannya untuk mengisi survei singkat pada tautan di bawah ini.

Baca Juga :


Seluruh informasi yang diberikan akan dirahasiakan dan hanya akan digunakan untuk kepentingan penelitian. Dari tim peneliti Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Balitbang dan Perbukuan, Kemendikbud sedang melakukan penelitian tentang kondisi psikologis guru selama masa pandemi kaitannya dalam melaksanakan pembelajaran dan penilaian secara daring /online (jarak jauh/ terhubung melalui komputer, internet, dll.)

Survey ini diharapkan akan  memberikan data/jawaban sebenar-benarnya sesuai dengan kondisi yang anda alami/rasakan. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi masukan bagi kebijakan pemerintah di bidang Pendidikan. 

Nah sahabat yang berprofesi sebagai guru, ayo selesaikan dulu surveynya. Adapun data-data yang diminta untuk diisi adalah sebagai berikut:
  1. Jenis Kelamin,
  2. Usia,
  3. Pendidikan Terakhir,
  4. Status Sekolah tempat mengajar,
  5. Letak Sekolah (Kabupaten/Kota)
  6. Jenjang Sekolah tempat mengajar,
  7. Status Pernikahan,
  8. Jumlah anak dirumah yang menjadi tanggungan,
  9. Penghasilan total per bulan,
  10. Status Kepegawaian,
  11. Lama Mengajar, 
  12. Jumlah rombongan Belajar (Rombel) yang diampu, 
  13. Jumlah siswa (rata-rata) setiap Rombel,
Selanjutnya, Pertanyaan pada bagian kedua,
Selama masa pandemi, Saya memberikan materi atau melakukan pembelajaran dan penilaian secara:
Murni daring/dalam jaringan/online (jarak jauh/ terhubung melalui komputer, internet, dll.)

Luring/luar jaringan/offline (misal dengan kunjungan ke rumah atau tatap muka langsung)

Gabungan daring dan luring

Tidak memberikan materi pembelajaran dan penilaian sama sekali
Media daring yang paling sering saya gunakan selama pandemi adalah (tiga aplikasi yang paling sering digunakan) *
- Whatsapp
- Youtube
- GoogleClassroom
- Google Form
- Zoom
- Google Meet
- Webex
- Email
- Media Lainnya

Hal yang membuat guru antusias dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa selama pandemi ini
Hal yang membuat guru antusias dalam memberikan penilaian/umpan balik terhadap siswa selama pandemi

Hal yang tidak guru sukai serta membuat malas dalam memberikan pembelajaran terhadap siswa selama pandemi
Hal yang tidak guru sukai serta membuat malas dalam memberikan penilaian/umpan balik terhadap siswa selama pandemi
   
Kendala yang dihadapi saat memberikan pembelajaran dan penilaian selama pandemi.
(pilihlah maksimal 3) *
Keterbatasan alat elektronik yang sesuai (komputer/laptop/hp)
Jaringan internet tidak stabil jaringan internet tidak stabil
Keterbatasan anggaran (kuota, foto kopi, print, dll.)
Keterbatasan dalam kemampuan mengoperasikan aplikasi pembelajaran daring
Lingkungan rumah yang kurang kondusif (mengurus anak, mengurus pekerjaan rumah tangga lainnya)
Kurangnya dukungan orang tua siswa (orang tua siswa sibuk/ tidak punya perangkat elektronik/ sosial ekonomi)
Kurangnya semangat dari para siswa
Kurangnya semangat dari diri pribadi saya
Kondisi fisik saya kurang mendukung (mata mudah lelah, tidak bisa duduk berlama-lama, dll.)
Jika merasa kesulitan dalam menyusun rencana pembelajaran dan melakukan pembelajaran untuk siswa pada masa pandemi dan masa bdr (belajar dari rumah).
Alasan jika merasa mudah dalam menyusun rencana pembelajaran dan melakukan pembelajaran
Jika merasa kesulitan dalam melakukan penilaian/memberikan umpan balik terhadap siswa pada masa pandemi dan masa bdr (belajar dari rumah). 
Alasan jika merasa kesulitan dalam melakukan penilaian/memberikan umpan balik terhadap siswa. 

Saran terhadap kemendikbud terkait dengan metode pembelajaran bagi para siswa pada masa pandemi dan masa bdr (belajar dari rumah.
Saran  terhadap kemendikbud terkait dengan metode penilaian/ pemberian umpan balik terhadap siswa pada masa pandemi dan masa bdr (belajar dari rumah).

  
 Pertanyaan bagian ketiga,
1. Murid-murid menyukai saya
2. Teman-teman guru membantu kesulitan-kesulitan yang saya hadapi *
3. Saya merencanakan pembelajaran dengan matang *
4. Saya mengajak guru-guru yang lain lebih kreatif dalam mengajar *
5. Saya melaksanakan rencana- rencana yang saya buat untuk masa depan *
6. Saya ingin mempelajari lebih banyak hal selagi ada waktu *
7. Saya punya kelebihan dalam mengajar dibanding dengan guru lain *
8. Saya nyaman bekerja sama dengan guru lain dalam hal pembelajaran *
9. Saya merasa perlu meningkatkan kreativitas dalam melaksanakan tugas *
10. Saya senang jika diminta berbagi cerita tentang cara pembelajaran yang saya lakukan *
11. Saya punya banyak impian yang selalu saya usahakan agar tercapai *
12. Potensi yang saya miliki saya perlu dikembangkan lagi agar lebih bermanfaat *
13. Saya tahu persis kelemahan saya sebagai guru *
14. Saya dapat merasakan kesulitan yang dihadapi teman-teman guru dalam pembelajaran saat ini *
15. Saya membuat keputusan yang berdampak positif bagi murid-murid *
16. Saya merasa murid-murid membutuhkan aktivitas yang lebih menyenangkan dari sebelumnya *
17. Masih banyak hal yang belum saya capai dalam karir sebagai guru *
18. Ada banyak hal yang perlu saya perbaiki agar saya lebih berguna *
19. Saya kecewa karena belum bisa menjadi guru yang baik bagi murid-murid *
20. Saya merasa diremehkan oleh guru lain karena kelemahan saya *  
21. Saya merasa lebih terbantu jika merancang pembelajaran dilakukan bersama guru lain *
22. Saya jalani saja kegiatan pekerjaan saya ini seperti air mengalir *
23. Saya merasa bahwa yang saya perjuangkan kemarin sia-sia *
24. Keadaan membuat saya terpaksa mengerjakan sesuatu yang tidak saya suka 
25. Jika waktu bisa berputar kembali, saya tidak ingin menjadi guru *
26. Saya merasa beberapa teman guru, berkompetisi secara tidak sehat *
27. Saya menunggu arahan dari kepala sekolah dalam pembelajaran supaya tidak salah arah 
28. Saat ini bukan waktunya untuk unjuk gigi terhadap pencapaian kinerja *
29. Sampai saat ini saya tidak yakin terhadap tujuan hidup yang ingin saya capai *
30. Keadaan membuat saya terpaksa melakukan sesuatu yang tidak sesuai dengan kemampuan saya 
31. Sebenarnya saya merasa tidak mampu menjadi guru *
32. Lebih baik saya bekerja sendiri karena guru lain kurang dapat diandalkan *
33. Saya butuh masukan dari orang lain untuk memperbaiki kinerja saya *
34. Saya merasa terganggu dengan komentar negatif guru lain terhadap cara saya bekerja *
35. Tidak ada lagi yang ingin saya kejar dalam hidup saya saat ini *
36. Saya mulai bosan dengan kegiatan dan tugas pekerjaan sehari-hari *

Pertanyaan bagian keempat
Dengan berakhirnya survey ini, apakah Bapak/Ibu bersedia untuk kami hubungi kembali jika kami membutuhkan informasi lebih lanjut? *
Apabila bersedia silahkan cantumkan nomor hp anda (yang aktif) disini
Ini adalah bagian terakhir dari survei kondisi psikologis guru. Terima kasih telah berpartisipasi dalam survei ini. Klik Submit


  
Siap Survey, Klik Link ini  http://tiny.cc/kuesguru
         
Sumber : Pusat Asesmen dan Pembelajaran, Balitbang dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Labels: Berita, Pendidikan

Thanks for reading Survei Kondisi Psikologis Guru pada Masa Pandemi. Please share...!

0 Comment for "Survei Kondisi Psikologis Guru pada Masa Pandemi"

Back To Top