mediakomen

Hari berganti hari ajal pun semakin dekat

Assalmu'alaikum sahabat bookmaymadrasah. Tiada terasa baru saja kita melewati bulan Ramadhan 1441 Hijriah, dan kini Ramadhan pun berlalu, kita telah menjalani hari-hari seakan begitu cepat berlalu. Perasaan hati Ramadhan tahun 1440 Hijriah baru saja usai, dan kini datang Ramadhan 1441 Hijirah dan saat ini pun pamit dan pergi. Dan kekhawatiran pun melanda hati orang-orang yang sadar apakah ia kan menjumpai Ramadhan 1442 Hijriah yang akan datang. Membahas mengenai cepatnya hari berlalu yuk kita simak tulisan berikut ini yang admin kutif dari grup Whatsapp 'Sunah Nabi" semoga bermanfaat :

 🍒  Allah Ta'ala berfirman : 

قُلْ إِنَّ الْمَوْتَ الَّذِي تَفِرُّونَ مِنْهُ فَإِنَّهُ مُلَاقِيكُمْ  ثُمَّ تُرَدُّونَ إِلَىٰ عَالِمِ الْغَيْبِ وَالشَّهَادَةِ فَيُنَبِّئُكُمْ بِمَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
"Katakanlah: Sesungguhnya kematian yang kalian lari darinya, maka sesungguhnya kematian itu akan menemui kalian, kemudian kalian akan dikembalikan kepada (Allah) yang mengetahui yang ghaib dan yang nyata, lalu Dia beritakan kepada kalian apa yang kalian kerjakan."

(QS. Al-Jumu'ah : 8)

➡  Sesungguhnya kematian yang kamu lari darinya pasti akan menemuimu, maka tidak berguna usaha apa pun yang kamu lakukan untuk mengelak darinya. Kemudian kamu akan dikembalikan kepada Rabbmu Yang Maha Mengetahui perkara ghaib dan suatu yang nampak.

(Tafsir Mafatih al Ghaib, Imam ar-Razi, 30/7)

📍  Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bersabda:
"Perbanyaklah kalian mengingat penghancur kelezatan, yaitu kematian."

(HR. at-Tirmidzi, no.2307, An-Nasa'i, no.1824, dari Abu Hurairah)

📍  Abu Darda radhiyallahu 'anhu berkata:
"Wahai anak Adam, injaklah bumi ini dengan kedua telapak kakimu tapi ingatlah bahwa sebentar lagi ia akan menjadi kuburanmu. Wahai anak Adam, engkau tidak lain adalah kumpulan hari-hari, setiap kali satu hari berlalu maka sebagian dari dirimu juga lenyap. Wahai anak Adam, sesungguhnya umurmu selalu berkurang sejak engkau dilahirkan ibumu."

(Shifatush Shafwah, I/638)

📍  Abul 'Atahiyyah rahimahullah berkata:
"Aku tak tahu meski aku berangan panjang umurku, bisa jadi aku di pagi hari namun tak jumpa sore. Tidakkah kau sadari bahwa di setiap pagi hari itu, usiamu semakin pendek dibanding kemarin."

(Jami'ul 'Ulum wal Hikam, II/386)

📍  Abu Umamah Al-Bahili rahimahullah berkata:
"Sesungguhnya kalian di pagi dan petang hari berada di dalam hunian yang bisa meraup kebaikan dan keburukan. Dan hampir-hampir kalian akan pergi meninggalkannya menuju hunian lain, yaitu kuburan, suatu hunian yang sangat menyeramkan dan rumah yang sangat gelap, tempat tinggal yang sangat sempit kecuali yang diluaskan Allah, kemudian kalian akan dibangkitkan pada Hari Kiamat."

(Majmu' Rasa'il Ibnu Rajab, Risalah Ahwal al-Qubur, hal.258)

*  Wallahu A'lam  *
🌎•••••••••☆☆☆☆

Sumber : Sunah Nabi (Grup WA)/www.grafisunnah.blogspot.com
Labels: Kutipan Hadis, Motivasi, Nasehat

Thanks for reading Hari berganti hari ajal pun semakin dekat. Please share...!

0 Comment for "Hari berganti hari ajal pun semakin dekat"

Back To Top