mediakomen

Contoh Format Data Keanggotaan Gugus Depan

Assalamualaikum sahabat bookmaymadrasah, sebelum admin membagikan format Data Keanggotaan Gugus Depan, Admin ingin mengajak kita mengenal tingkatan-tingkatan dalam pramuka itu sendiri. Dalam Pramuka ada beberapa tingkatan yaitu Siaga, Penggalang, Penegak dan Pendega. Apa itu pramuka Siaga, penggalang, Penegak, dan Pendega?

Baca Juga :


Pramuka Siaga adalah sebutan untuk Pramuka berusia 7 hingga 10 tahun, disebut Siaga Kepanduan dikarenakan sesuai dengan metafora perjuangan Indonesia, ketika rakyat Indonesia bersiap untuk kemerdekaan dengan ditandai berdirinya Boedi Oetomo tahun 1908, tahap pertama perjuangan rakyat Indonesia. Adapun Kode Kehormatan bagi Pramuka Siaga ada dua, yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma. Satuan Satuan terkecil pada Pramuka Siaga disebut Barung dan satuan-satuan dari beberapa barung disebut Perindukan. Setiap Barung terdiri dari 5 sampai 10 orang Pramuka dan dipimpin oleh seorang pemimpin Barung yang dipilih oleh anggota Barung sendiri. Setiap pemimpin Barung nantinya akan memilih salah satu dari mereka yang akan menjadi pemimpin Barung utama bernama Sulung. Perindu terdiri dari beberapa Barung yang dipimpin oleh Sulung. Dalam Pramuka Siaga terdapat tiga tingkat, yaitu Mula, Bantu dan Tata.

Penggalang adalah sebuah tingkatan dalam pramuka setelah siaga. Biasanya anggota pramuka tingkat penggalang berusia dari 11-15 tahun. Penggunaan istilah penggalang, sebagaimana istilah-istilah lainnya dalam kepramukaan, diambil dari romantisme sejarah perjuangan bangsa Indonesia. Kata penggalang merujuk kepada masa penggalangan persatuan dan kesatuan bangsa yang ditandai dengan berlangsungnya Konggres Pemuda Indonesia yang kemudian menghasilkan Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Adapun Kode Kehormatan Pramuka Penggalang terdiri atas janji (satya) dan ketentuan moral (darma). Janji penggalang disebut ‘Trisatya’ sedangkan ketentuan moralnya dinamakan ‘Dasadarma’. Trisatya terdiri atas tiga butir janji sedangkan Dasadarma memuat 10 butir sikap yang kesemuanya musti ditepati dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Penegak merupakan golongan sekaligus sebutan bagi anggota Gerakan Pramuka yang berusia antara 16 sampai dengan 20 tahun. Tingkatan golongan pramuka penegak ini merupakan penggolongan pramuka berdasarkan usia didik setelah pramuka siaga (usia 7 – 10 tahun) dan pramuka penggalang (usia 11 –15 tahun). Ada beberapa tingkatan dalam Penegak yaitu : Penegak bantara dan Penegak laksana.Kode Kehormatan untuk Pramuka Penegak terdiri atas Satya (janji) dan Ketentuan Moral (Dharma). Janji Pramuka Penegak disebut Satya Pramuka. Berikut bunyi Satya Pramuka Penegak: Satya Pramuka.


Pandega adalah golongan Pramuka setelah Penegak. Anggota Pramuka yang termasuk dalam golongan ini adalah yang berusia dari 21 tahun sampai dengan 25 tahun. Pramuka Pandega memiliki jenis kegiatan yang sama dan dilakukan bersama-sama dengan Pramuka Penegak. Kode kehormatan pramuka penegak, pandega, dan dewasa adalah Trisatya (janji) dan Dasa Dharma (moral).


Itulah tadi sekilas mengenai tingkatan dalam pramuka yang akan diisi pada format Data Keanggotaan Gugus Depan


Sumber Informasi :
  • https://www.pramukaria.id 
  • wikipedia
Labels: Berita, Download, SD/MI

Thanks for reading Contoh Format Data Keanggotaan Gugus Depan. Please share...!

0 Comment for "Contoh Format Data Keanggotaan Gugus Depan"

Back To Top